Monday 26 March 2018


Pantai Indrayanti adalah salah satu pantai terindah Jogja dan menjadi rekomendasi untuk para wisatawan. Namanya pantai ini sebenarnya adalah Pantai Pulang Sawal, tapi kenapa lebih terkenal dengan sebutan indrayanti? Ini berawal dari sebuah gerbang masuk sebuah rumah makan yang bertuliskan Indrayanti, yang mana secara sekilas gerbang tersebut adalah gerbang masuk ke pantai, padahal gerbang tersebut dibuat oleh Bapak Indra dan Ibu Yanti sebagai bentuk penyambutan saat akan memasuki Rumah Makan beliau. Karena ketidak tahuan masyarakat itulah Pantai Pulang Sawal bermetamorfosa menjadi Pantai Indrayanti. Hal ini menjadi catatan penting bagi Pemerintah untuk membuat sebuah Landmark atau tulisan yang menginformasikan akan nama tempat tersebut, sehingga masyarakat tidak asal sebut.




Apa seh yang menjadi daya tarik pantai Indrayanti?
Hamparan pasir putihnya yang membentang dari timur ke barat, Pantai Indrayanti menyimpan pesona wisata luar biasa yang sayang untuk dilewatkan. Selain kebersihannya, fasilitasnya cukup lengkap dengan watersport, penginapan, dan gazebo dimana pegunjung bisa menikmati gala dinner.
Jika anda ingin merasakan sensasi pemandangan yang lain anda bisa menaiki bukit karang yang ada di kedua sisi pantai. Dari puncak bukit anda dapat menyaksikan keindahan batas pantai dan jernihnya laut gunung kidul. Jika anda pencita fotografi, berburu sunset di pantai indrayanti bisa dijadikan referensi wisata anda. Tapi takut kemalaman? Jangan khawatir, karena di sini juga terdapat penginapan.
Pantai ini terletak masih satu kawasan dengan Pantai Sundak, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Jangan sembarangan buang sampah disini, karena pengelola setempat sangat serius menjaga kebersihan pantai dengan memberlakukan denda bagi yang ketahuan buang sampah sembarangan. 


Tiket Masuk Pantai Indrayanti
Tiket masuk : Rp. 10.000,-
Parkir : Rp. 2.000,- 
Penginapan : Mulai Rp. 100.000,-
Sewa Tenda : Rp. 30.000
Jet Sky : Rp. 250.000,- / 15menit

Rute Menuju Pantai Indrayanti
Yogyakarta menuju ke jalan Wonosari - Patuk – Wonosari – Karangrejek – Hargosari – dari Tepus ini anda tinggal ikuti petunjuk jalan ke arah pantai.


Jalan Imogiri – Siluk – Panggang – Saptosari – Trowono – Baron - ke arah timur sekitar 10 km dan anda akan sampai ke Indrayanti.




Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © portal wisata jogja - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -