Wednesday 15 February 2017

1
Museum gunung merapi atau biasa disebut MGM diresmikan pada tahun 2010, museum ini diharapkan mampu digunakan sebagai geo wisata bagi masyarakat mengenai bencana geologi baik kegunung apian, kegempaan atau benca lainnya. Saat anda memasuki museum merapi anda akan disambut oleh replika / maket gunung merapi. Replika ini menggambarkan kondisi gunung merapi sebenarnya, termasuk sebaran awan panas pada tahun 1969, 1994 dan 2006.  Jika anda ingin mengetahui seperti apa sebaran awan panas yang sudah terjadi, anda bisa menekan salah satu tombol, maka anda akan dapat melihat dan membayangkan betapa dahsyatnya saat gunung merapi meletus, memuntahkan lava pijar atau wedus gembel yang teramat sangat panas, sehingga apa yang dilaluinya akan mati terbakar. Ratusan rumah rata dengan tanah, ternak-ternak yang mati terpanggang hawa panas, ribuan hektar lahan pertanian dan perkebunan salak juga rusak terkena abu vulkanik dan tidak sedikit korban jiwa terkena hawa panas wedus gembel termasuk sang juru kunci alm.mbah marijan tahun 2010.
Saat anda puas menyaksikan replika gunung merapi, anda bisa berjalan meyusuri setiap sudut ruang dan menyaksikan koleksi MGM dari tahun 1930 sampai 2006. Dari beberapa letusan yang terjadi masing-masing memiliki karakteristik tersendiri, nampak pada foto yang terpajang disalah satu sudut. Proses pertumbuhan kubah merapi, sisa-sisa peninggalan pasca erupsi, seperti motor yang tinggal rangkanya, batu hasil letusan dari beberapa gunung yang ada di Indonesia dan peralatan seismic tertata rapi di MGM. Ini tadi adalah koleksi yang ada dilantai 1 MGM.
Dilantai 2 ada alat-alat peraga dan sebuah screen yang menampilkan film pendek berdurasi sekitar 24 menit dengan judul mahaguru. Dimana di dalam film tersebut terdapat banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari sang merapi yang gagah.
Lokasi MGM terletak Jl. Kaliurang Km. 22, Banteng, Hargobinangun, Pakem,  Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute : dari arah mana saja ambil jurusan jalan kaliurang – masuk jalan kaliurang terus saja sampai kilometer 17 – ambil jurusan muntilan alternative – berjalan sekitar 3 kilometer amati papan penujuk arah – belok kanan dan terus saja – sampai.


Harga tiket masuk Museum Gunung Merapi

Rp 3.000 (tiket masuk)

Rp 5.000 (tiket film)

Rp 8.000 (masuk + film)

Wisata yang wajib anda kunjungi saat berada di Museum Gunung Merapi
Wisata Kaliurang
Stonehenge
Bhumi Merapi
Telogo Putri
Museum Ullen Sentalu
Taman Merapi
Blue Lagoon
Air terjun Telogo Muncar
Omah Salak
Gua Jepang
Kali Kuning
Bukit Nglangon
Batu Alien

Informasi Paket Wisata Jogja

Mulai IDR 150.000,-/pax

Kontak : 082247407979
www.dopiknik.com

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © portal wisata jogja - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -