Wednesday 15 February 2017

Lava tour jeep merapi jogja
Erupsi merapi tahun 2010, membawa duka yang sangat mendalam bagi keraton Yogyakarta dan Indonesia. Sang juru kunci yang merupakan abdi dalem keraton dan sosok yang paham akan aktivitas gunung merapi meninggal bersama turunnya wedus gembel dari puncak merapi. Selain sang juru kunci, korban meninggal juga berasal dari masyarakat sekitar merapi maupun relawan. Namun kini setelah bencana tahun 2010, aktivitas perekonomian warga kali adem sudah mulai pulih kembali, bahkan semakin ramai dibandingkan dahulu. Dari sisa-sisa peninggalan erupsi tahun 2010 menjadikan warga lereng merapi sadar akan potensi wisata yang terdapat di daerah mereka.
Para pemuda dan orang tua ikut andil dalam pengembangan wisata di lereng merapi. Jika anda ingin menikmati sisa-sisa peninggalan erupsi tahun 2010 anda bisa menyewa jeep.

Dengan menggunakan jeep dan menyusuri bekas aliran lahar, maka masyarakat memberi nama nama wisata lereng merapi adalah “Lava Tour”. Kegiatan ini sama halnya dengan offroad, karena medan yang dilalu tidak beraturan. Tubuh anda akan digoyang-goyang diantara pemandangan yang menakjubkan. Selain memacu andrenalin anda juga akan disuguhi pemandangan yang sangat menawan dan penuh historis. Untuk biaya sewa tergantung dari rute yang anda pilih, 

Rute pendek (Star-Museum sisa hartaku-Batu Alien-Bunker merapi-Finish)
Rp. 350.000  / jeep isi 4-5 orang

Rute medium (Star-Museum sisa hartaku-Batu Alien-Bunker merapi-Rumah alm.Mbah Marijan/Kali kuning-Finish)
Rp. 450.000 / jeep isi 4-5 orang
 
Rute panjang (Star-Museum sisa hartaku-Batu Alien-Bunker merapi-Kali kuning-Makam masal-Finish)
Rp. 550.000 / jeep isi 4-5 orang

Paket sunrise (Star-Bunker Merapi- Batu Alien-Museum sisa hartaku-Finish)
Rp. 550.000 / jeep isi 4-5 orang

1. Museum Sisa Harta Ku terletak di Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan. Museum ini merupakan satu dari sekian rumah yang hancur akibat letusan Gunung Merapi.
Benda yang cukup berkesan adalah jam dinding. Dimana jam tersebut menunjukkan waktu ketika rumah atau daerah di wilayah tersebut harcur akibat erupsi. Jarum pendek menunjuk angka 12 sedangkan jarum panjang menunjuk angka 5, dusun Petung hancur pada pukul 00.05 WIB malam jum’at Kliwon, 5 November 2010.

2. Batu Alien
Batu Alien adalah batu yang dimuntahkan dari mulut merapi pada tahun 2010. Dengan diameter 5 meter, dan bentuk batu menyerupai wajah manusia, maka batu tersebut diberi nama batu alien.  Dari sisi sebelah kiri anda akan dapat melihat secara jelas, bentuk rupa wajah manusia. Sebelum erupsi, daerah tersebut merupakan pemukiman warga dusun Jambu.

3. Bunker Merapi 
Bunker inilah yang menjadi saksi bisu keganasan gunung merapi pada tahun 2006 yang memakan korban jiwa. Didalam bunker terdapat satu ruangan lapang seukuran ruang kelas. Bentuk ruangannya setengah lingkaran. Tidak ada penerangan, selain cahaya dari pintu bunker. Dahulu bunker ini digunakan untuk sembunyi dari terjangan awan panas oleh para relawan, yang pada akhirnya meninggal di toilet yang berada di dalam bunker.

4. Kali kuning
Kali Kuning merupakan salah satu sungai yang menjadi jalur lahar merapi. Senajan demikian, pemandangan dari kali kuning sangat sayang anda lewatkan saat berkunjung ke merapi. Lokasi ini sering digunakan untuk kegiatan berkemah, camping ataupun outbond training
Jika anda menyusuri Kali Kuning, anda akan sampai di Kali Adem. Dalam perjalanan tersebut anda akan banyak menjumpai dam merasakan pemandangan yang sangat menarik seperti : hutan pinus, rasamala, puspa, udara yang sejuk segar, suara gemercik air.
Sumber air Kali Kuning berasal dari Umbul Wadon dan bermuara di kali oya, kali opak dan kali progo. Umbul Wadon merupakan tempat berhentinya lahar Merapi yang meluap karena letusan besar ratusan tahun yang lalu.

5. Makam Mbah Marijan
Mbah Marijan adalah juru kunci Gunung Merapi beliau tinggal kaki gunung merapi tepatnya di dusun Kinahrejo. Gunung merapi tidak bisa dipisahkan dengan Mbah Marijan, karena pada saat genting-gentingnya merapi meletus, tak ada sedikit niatan beliau untuk meninggalkan sang merapi, hingga pada akhirnya beliau wafat bersama dengan gumuruhnya wedus gembel. Kini tempat meninggalnya Mbah marijan dibuatkan petilasan, berupa cungkup yang menandai di situlah mbah marijan meninggal. Untuk bisa menuju petilasan mbah marijan anda bisa menggunakn jeep atau motor trail yang sudah disediakan operator wisata.


Wisata yang wajib anda kunjungi saat berada di Landmark Merapi : 
Wisata Kaliurang
Stonehenge
Bhumi Merapi
Telogo Putri
Museum Ullen Sentalu
Taman Merapi
Blue Lagoon
Air terjun Telogo Muncar
Omah Salak
Gua Jepang
Kali Kuning
Bukit Nglangon
Batu Alien



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © portal wisata jogja - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -