Wednesday 12 October 2016

Gua Pindul adalah sebuah gua yang dibawahnya terdapat aliran sungai. Sepanjang aliran sungai anda akan merasakan sensasi mendebarkan, karena di gua pindul terdapat 3 zona, yakni zona terang abadi, zona remang dan zona gelap abadi. Setelah anda memasuki zona gelap abadi anda akan disambung dengan zona remang dimana zona tersebut adalah spot inti di gua pindul. Anda akan melihat lobang vertikal yang cukup besar  menganga, menembus langsung ke langit. Pancaran cahaya yang masuk melalui lobang tersebut akan dibiaskan oleh air sungai, sehingga akan nampak semakin mempesona.

Saat ini wisata alam gua pindul sudah bisa anda nikmati dengan cara menyewa jaket pelampung, ban dalam mobil dari beberapa operator.

Harga tiket wisata goa pindul adalah Rp.35.000/orang.

Wisatawan mendapatkan fasilitas : Peminjaman alat yaitu jaket pelampung dan ban tubing. Fasilitas di basecamp adalah tempat nyaman dan luas, free wifi hotspot, free wedang pindul. Alat transportasi obyek wisata (pajero pindul), pemandu lokal dan asuransi.

Gua Pindul merupakan salah satu dari sekian banyak obyek wisata yang terletak di dusun Gelaran 2, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo kab. GunungKidul.

Goa Pindul memiliki panjang kurang lebih 350 meter, penyusuran dapat ditempuh dengan waktu sekitar 40-60 menit. Durasi waktu tergantung situasi, kondisi dan keinginan pengunjung.

Lebar antar dinding rata-rata 4 meter, ketinggian dari permukaan air dengan dinding atas sekitar 5 meter dan kedalaman air sungai sekitar 1-12 meter.

Namun ada salah satu zona sempit yang hanya dapat di lewati dengan 1 ban/tubing, ini adalah alasan kenapa penyusuran goa pindul hanya menggunakan ban, bukan sampan atau perahu karet. Oleh sebab itu wisata ini diberi nama Cave Tubing Pindul.

Tidak ada batasan usia atau jumlah minimum peserta untuk menyusuri Gua Pindul, karena aman untuk segala usia. Dan berapapun jumlah peserta yang berkunjung akan dilayani.

Goa Pindul mempunyai beberapa mitos di bebatuannya yang bisa membuat perkasa dan juga awet muda. Selain itu penamaan gua pindul juga memiiki arti tersendiri bagi masyarakat sekitar.
""Asal Usul Goa Pindul" Goa Pindul,berasal dari kisah perjalanan Ki Juru Mertani dan Ki Ageng Pemanahan yang di utus oleh Panembahan Senopati Mataram,untuk membunuh bayi laki-laki buah cinta Putri Panembahan Senopati. Dalam perjalanannya,kedua Abdi itu sepakat untuk tidak membunuh sang bayi. Keduanya lalu pergi kearah timur yaitu ke (arah Gunungkidul),sementara itu sang bayi terus menangis,kedua utusan itupun memutuskan untuk memandikan sang bayi. Ki Juru Mertani naik ke salah satu bukit dan menginjak tanah di puncak bukit,dengan kesaktiannya tanah yang diinjak pun runtuh dan mengangalah sebuah lubang besar dengan aliran air dibawahnya, kemudian sang bayi dimandikan di dalam goa di lubang tadi.
 Saat dimandikan "pipi" sang bayi terbentur (jawa = kebendul)batu yang ada didalamnya. Karena peristiwa tersebut akhirnya goa itu dinamakan Goa Pindul (Pipi Kebendul)"sumber : http://www.pindul.net
Rute perjalanan menuju gua pindul

Dari Yogyakarta – Jalan Raya Wonosari – Piyungan – Bukit Patuk – Hutan Bunder – Jalan Raya Wonosari (Patuk-Playen) – Lapangan Gading – Pertigaan lampu merah ambil jalan ke kiri (lurus) – Jalan Raya Wonosari (Playen-Wonosari  ambil menuju kota Wonosari) – Bundaran Siyono (Perempatan yang ada air mancur ditengahnya) ambil arah ke kiri – Ikuti jalan aspal yang lebar (ada pertigaan belokan ambil kanan) – lurus hingga lampu merah – Perempatan lampu merah lurus – Ada pertigaan yang sebelah kiri ada gerbang Desa Bejiharjo belok kiri – Ikuti jalan aspal terus hingga sampai lokasi yang banyak terdapat tulisan Pindhul/Pindul, dan Sampailah.