Sunday 11 March 2018

Ullen sentalu adalah singkatan dari "ULating bLENcong SEjatine TAtaraning LUmaku" yang memiliki arti “Nyala lampu blencong merupakan petunjuk bagi manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan”. Blencong adalah lampu minyak yang digunakan dalam pertunjukkan wayang. Sehingga blencong dimaksudkan adalah cahaya yang selalu bergerak untuk mengarahkan dan menerangi perjalanan hidup kita.
Koleksi museum Ullen Sentalu lumayan banyak dan terbagi menjadi beberapa ruang yaitu yang pertama adalah Ruang Seni dan Gamelan yang menyimpan seperangkat koleksi gamelan. Kedua Guwo Selo Giri yang menjadi ruang lukisan dari tokoh-tokoh pada masa Dinasti Mataram. Ketiga Kampung Kambang terbagi menjadi 5 ruang yaitu ruang koleksi batik, syair, hingga album hidup GRKay. Siti Nurul Kusumawardhani.Keempat adalah Ruang Sasana Sekar Buwana dan Koridor Letja Randa yang merupakan museum outdoor.

Saat anda berkunjung ke Museum Ullen Sentalu akan di pandu oleh guide yang menjelaskan setiap detail yang ada. Sehingga banyak pengunjung merasa senang karena selain bisa melihat barang peninggalan sejarah juga tahu mengenai sejarah benda tersebut. Maka tak heran jika Museum Ullen Sentalu merupakan museum paling ramai dikunjungi dibandingkan dengan museum yang lain di jogja.






Harga Tiket masuk Museum Ullen Sentalu
Domestik dewasa Rp 40.000,-,  anak-anak Rp 20.000,-
WNA, tiket dewasa Rp 60.000,-, anak-anak Rp 40.000,- 


Jam Operasional Museum Ullen Sentalu
Senin: tutup
Selasa – Jumat: 08.30 – 16.00 WIB
Sabtu – Minggu: 08.30 – 17.00 WIB

Fasilitas Museum Ullen Sentalu
Di sekitar lokasi museum terdapat restoran Beukenhof yang bernuansa eropa. Jika ingin belanja Oleh-oleh bisa di Putri Malu Souvenir Shop tempat untuk membeli oleh-oleh berupa pernak-pernik kerajinan lokal maupun kain batik khas Jogja dan Solo.

Rute Menuju Museum Ullen Sentalu 
Dari Gerbang Kaliurang kira-kira 2 km anda akan bertemu pertigaan Tugu Udang, ambil jalan lurus ke Utara kira-kira 500 meter ada pertigaan, ambil kanan kira-kira 700 meter sudah ada banyak papan penunjuk arah. 


Informasi Paket Wisata Jogja
Kontak : 082247407979 
dopikniktour@gmail.com
www.dopiknik.com

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © portal wisata jogja - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -